Rabu, 11 November 2009

Proposal

BAB 1


PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


Berbagai perusahaan, baik perusahaan dagang, manufactur dan jasa pasti mempunyai Pendapatan & Pengeluaran. Pendapatan & Pengeluaran sangat penting bagi perusahaan karena berfungsi untuk mengetahui posisi keungan perusahaan dalam satu periode tertentu. Adapun pengertian Pendapatan adalah suatu penerimaan sebagai imbalan karena perusahaan telah memberikan jasa/barang kepada konsumen. Sedangakan Pengeluran diartikan sebagai biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari perusahaan. Adapun fungsi dari Pendapatan & Pengeluaran bagi Perusahaan adalah untuk mengetahui posisi keungan perusaan dalam satu periode.


1.2 Perumusan Masalah


Pendapatan & Pengeluaran sangat penting bagi perusahan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Apabila Perusahaan mempunyai pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan, maka perusahaan akan mengalami kerugian, sebaliknya jika perusahaan mempunyai pendapatan yang lebih besar daripda pengeluaran, maka perusahaan akan mendapatkan Keuntungan/Laba. Selain itu Pendapatan & Pengeluran juga berfungsi untuk mengetahui Posisi keuangan Perusahaan dalam satu periode.


1.3 Maksud dan Tujuan


Adapun maksud dan tujuan dari Kerja Praktek di PT. Jasa Marga (persero) adalah untuk mengembangkan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan, untuk lebih lengkap lagi tujuan dari kerja praktek ini adalah :


















1.3.1 Tujuan Umum


1. Mengaplikasikan Teori yang telah didapat di perkuliahan dan menerapkannya dalam Perusahaan.


2. Membangun jaringan dan kerja sama antara institusi akademis dengan Perusahaan manufactur.


3. Melatih kerja sama dan kedisiplinan dalam dunia kerja.


4. Melihat secara langsung kegiatan di dalam Perusahaan atau Industri.


5. Menjalin kerja sama yang baik dalam bidang pengembangan teknologi antara pihak Perusahaan dengan Universitas, sehingga terjalin hubungan yang saling menguntungkan.


1.3.2 Tujuan Khusus






1. Sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi, Fakultas Ekonomi Jurusan D3 Akuntansi Komputer, Universitas Gunadarma.


2. Mempelajari lebih dalam mengenai Pendapatan & Pengeluaran yang ada di dalam Perusahaan.


3. Mendefinisikan macam-macam Pendapatan & Pengeluaran yang ada di dalam perusahaan.


4. Menganalisis Pendapatan & Pengeluaran dengan menggunakan rasio-rasio keuangan, dan secara tepat membandingkan rasio perusahaan setelah membuat penyesuaian atas perbedaan dalam metode penilaian persediaan.


5. Memperoleh pengetahuan tentang ilmu akuntansi terutama persediaan yang ada di dalam Perusahaan


Disisi lain yaitu bagi Perusahaan dalam hal ini khususnya bagi PT. Jasa Marga (persero), diharapkan agar Program kerja Praktek ini dapat berguna sebagai masukan bagi PT. Jasa Marga (persero) dalam perkembangan dan kemajuan serta membantu PT. Jasa Marga (persero) dalam mencari pemecahan masalah yang sedang dihadapi sesuai dengan kemampuan mahasiswa yang bersangkutan.


1.4 Manfaat Kerja Praktek


1.4.1 Bagi Universitas Gunadarma


1. Menjalin kerja sama yang baik dalam pengembangan teknologi antara pihak perusahaan dengan universitas, sehingga terjalin hubungan yang saling bersangkutan.


2. Mengetahui sejauh mana ilmu yang telah diserap dan dipahami oleh mahasiswa selama studi.


3. Memperoleh gambaran nyata tentang perusahaan sebagai bahan informasi untuk mengembangkan kurikulum yang ada.


4. Memperoleh gambaran perbandingan tentang kesiapan mahasiswa terhadap dunia kerja saat ini.


1.4.2 Bagi Mahasiswa


1. Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kerja di lingkungan perusahaan atau industri.


2. Sebagai latihan untuk memasuki dunia kerja dan belajar bersosialisasi dengan para karyawan atau masyarakat di lingkungan perusahaan atau indistri.


3. Memahami kinerja perusahaan secara keseluruhan.


4. Memperoleh wawasan yang mendukung dalam penyusunan tugas akhir.


1.4.3 Bagi Perusahaan


1. Merupakan perwujudan nyata sebagai peran serta perusahaan dalam mengembangkan bidang pendidikan.


2. Mengenalkan perusahaan kepada masyarakat umum melalui kerja sama atara pihak perusahaan dengan universitas melalui kerja praktek mahasiswa










BAB II


PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Pendapatan & Pengeluaran


Pendapatan adalah suatu penerimaan perusahaan sebagaimana perusahaan telah menjual barang/jasa kepada konsumen. Sedangkan Pengeluaran adalah suatu biaya yang dikeluarkan Perusahaan untuk memenuhi kebutuhan perusaan dalam menjalani aktivitas sehari-hari perusahaan. Disamping itu, Pendapatan & Pengeluran juga berfungsi untuk mengetahui dana keuangan Perusahaan apakah mencukupi atau tidak. Perusahaan akan mengalami keuntungan apabila pendapatannya lebih besar daripada pengeluaran perusahaan tersebut, sebaliknya perusahaan akan mengalami kerugian apabila pendapatan perusahaan lebih kecil dibandingkan pengeluaran perusahaan tersebut. Selain itu dengan adanya pendapatan & pengeluaran, perusahaan juga dapat mengetahui posisi keungannya dalam satu periode tertentu.


















































BAB III


METODE KEGIATAN






3.1 Lokasi dan Waktu Kegiatan


Praktek kerja lapang dilakukan di PT. Jasa Marga (persero), cabang cawang-tomang di jalan Cililitan Besar, Jakarta Timur. Pada bulan Agustusi tanggal 03 Agustus sampai 03 September 2009.


3.2 Khalayak Sasaran


Sasaran dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah PT. Jasa Marga (persero) dan seluruh staff yang berada di Perusahaan tersebut.


3.3 Metode Kegiatan


Metode dalam Praktek Kerja Lapang ini yaitu Metode Observasi dan Survei. Pengambilan data diperoleh dengan 2 cara yaitu:


· Pengambilan Data Primer, yaitu data diperoleh dengan cara Pengamatan dan Praktek secara langsung terhadap materi PKL.


· Pengambilan Data Sekunder, yaitu data yang diperoleh dengan cara tidak langsung atau tambahan yaitu wawancara langsung dengan pegawai dan pengeloladi lokasi. Selanjutnya data diolah secara deskriptif.






3.4 Analisis Hasil Kegiatan


Data diperoleh dari hasil pengamatan mengenai Pendapatan & Pengeluaran perusahaan pada PT. Jasa Marga (persero)













DAFTAR PUSTAKA






Tintri, Dharma Ediraras Sudarjono. “ Pengantar Akuntansi 1 “, 1991. Universitas Gunadarma, Jakarta.






Machmud, Ali. “ Pengantar Akuntansi 2 “ , 1993. Universitas Gunadarma, Jakarta.






Earl K, Stice dkk. “ Akuntansi Intermediate ”, 2005. Edisi 15. Jakarta : Salemba Empat .

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com